13 January 2014

Fakta Unik Tentang Darah

http://penyembuhantradisional.paruparukering.web.id/wp-content/uploads/2013/06/kanker-darah.jpg

Fakta Unik Tentang Darah - Hai sobat Blanter apa kabar nih.. semoga baik-baik aja ya, bagaimana reaksi kalian kalau melihat darah, pasti ada yang takut ya... sekarang saya akan memberikan ilmu pengetahuan tentang darah.

Tetes Darah


Darah tidak hanya berwarna merah. Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup tingkat tinggi (kecuali tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut hasil metabolisme, dan sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri yang banyak menyebar melalui udar
a atau benda lainnya yang bisa saja masuk kedalam tubuh dengan berbagai cara tanpa kita ketahui dan sadar.

Darah manusia dan hewan-hewan vertebrata (bertulang belakang) berwarna merah. Warna merah pada darah disebabkan hemoglobin, yaitu suatu protein pernapasan yang mengandung zat besi. Hemoglobin berfungsi mengikat molekul-molekul oksigen hasil pernapasan untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Kepekatan warna merah pada darah tergantung dari kandungan oksigen yang terikat. Jika darah kaya kandungan oksigen maka darah berwarna merah terang dan sebaliknya jika kekurangan oksigen maka darah berwarna merah tua.

Pada serangga, oksigen langsung meresap kedalam plasma darah. Karena tidak mengandung hemoglobin  darah serangga berwarna hijau atau kuning. Pada kelompok udang-udangan (crustacea), protein darahnya berupa hemosianin yang mengandung tembaga sehingga darahnya berwarna biru. Lain lagi dengan cumi-cumi yang memiliki darah berwarna hijau muda, biru, atau kuning jingga karena mengandung vanadium kromagen. Dibawah ini ada beberapa Fakta unik lainnya tentang darah.


1. Ketika dilahirkan, hanya ada kira-kira secawan darah saja dalam tubuh kita2. Darah membentuk tujuh peratus daripada berat badan manusia
3. Sel darah merah membekalkan oksigen manakala sel darah putih pula mencari, menyerang dan membunuh segala organisma pembawa penyakit yang masuk ke dalam tubuh, terutamanya bakteria. Nanahsebenarnya berasal daripada sel neutrofil (yang membentuk 65-75 peratus daripada darah putih) yang mati selepas membunuh kuman.
4. Satu pain darah yang anda dermakan cukup untuk menyelamatkan tiga nyawa lain.
5. Susu lembu dicampur darah adalah salah satu makan kesukaan masyarakat Masai di Afrika
6. Terdapat juga manusia yang mempunyai perangai pelik iaitu suka menghisap darah dari luka seorang manusia lain.
7. Orang Moche (Peru), Scythia (Greek) dan nomad di Rusia meminum darah musuh pertama yang mereka bunuh dalam peperangan sebagai lambang keberanian dan kegagahan.
8. Dianggarkan terdapat 4.7 hingga 6.6 liter darah dalam tubuh seorang lelaki manakal perempuan dalam lingkungan 3.8 hingga 5.7 lliter
9. Pada tahun 1928, William Harvey (1578-1657) dari Universiti Cambridge telah diisytiharkan sebagai manusia pertama yang mengetahui tentang peredaran darah di dalam tubuh manusia. Namun sebenarnya ketika itu ramai saintis Eropah yang telah pun mengetahui bahawa saintis Islam bernama Ibnu Nafis Ali bin Abi al-Hazamal-Quraisy telah menulis tentang perkara tersebut 300 tahun lebih awal daripada Harvey
10. "Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang-belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah Pencipta yang Paling Baik."

Special Thanks To : faktanomena.blogspot.com
Semoga Bermanfaat.... Tinggalkan Komentar Ya...
Jangan Lupa Klik Tombol Share Dibawah ini... :D

Rhinokage Rio
Rhinokage Rio

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar blog, template, SEO dan Bisnis Online. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya.

Add Your Comments

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Out Of Topic