13 January 2014

Kenapa Banjir Bisa Terjadi?

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e6/A_Flood_on_Java_1865-1876_Raden_Saleh.jpg/250px-A_Flood_on_Java_1865-1876_Raden_Saleh.jpg

Kenapa Banjir Bisa Terjadi? - Hai sobat semua, sekarang lagi musim hujan nih, pasti banjir lagi, ok sekarang saya akan memberikan pengetahuan Kenapa Banjir Bisa Terjadi? semoga pengetahuan yang satu ini bisa menjadi inspirasi... langsung aja baca.

Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti "air mengalir", kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.

Ukuran danau atau badan air terus berubah-ubah sesuai perubahan curah hujan dan pencairan salju musiman, namun banjir yang terjadi tidak besar kecuali jika air mencapai daerah yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain.
Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir periodik.
Mitos banjir besar adalah kisah mitologi banjir besar yang dikirimkan oleh Tuhan untuk menghancurkan suatu peradaban sebagai pembalasan agung dan sering muncul dalam mitologi berbagai kebudayaan di dunia.
  • Lama: Endapan dari hujan atau pencairan salju cepat melebihi kapasitas saluran sungai. Diakibatkan hujan deras monsun, hurikan dan depresi tropis, angin luar dan hujan panas yang mempengaruhi salju. Rintangan drainase tidak terduga seperti tanah longsor, es, atau puing-puing dapat mengakibatkan banjir perlahan di sebelah hulu rintangan.
  • Cepat: Termasuk banjir bandang akibat curah hujan konvektif (badai petir besar) atau pelepasan mendadak endapan hulu yang terbentuk di belakang bendungan, tanah longsor, atau gletser.

Banjir Lagi

Bila air di sungai meluap maka akan terjadi banjir. Air meluap akan terjadi bila sungai tidak lagi mampu menampung air. Kenapa? Karena jumlah air yang masuk ke sungai lebih besar dari daya tampung sungai.

Dari mana datangnya air yang banyak itu? Biasanya air itu datang dari hujan yang memang sangat besar, jauh lebih besar dari hari-hari biasa. Air hujan itu akan jatuh ke permukaan tanah dan sebagian besar akan langsung mengalir masuk ke sungai yang paling dekat.

Bagaimana supaya air sungai tidak meluap? Biasanya air sungai akan meluap bila banyak lumpur yang mengendap di dasar sungainya. Lumpur ini akan mengurangi daya tampung air di sungai. Untuk mencegah banjir, lumpur ini harus dikeruk secara teratur terutama pada musim hujan agar aliran air di sungai lebih lancar.

Penyebab lainnya adalah adanya tumpukan sampah di sungai. Sampah ini juga menyebabkan daya tampung sungai berkurang dan air sungai tidak lancar alirannya. Karena itu, jangan buang sampah sembarangan ke sungai ya!

Sumber Artikel Dari : id.wikipedia.org

Jangan Lupa Klik Tombol Share Yaa...
Rhinokage Rio
Rhinokage Rio

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar blog, template, SEO dan Bisnis Online. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya.

Add Your Comments

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Out Of Topic