20 January 2014

Pengetahuan Tentang Meteor

Pengetahuan Tentang Meteor

Pengetahuan Tentang Meteor - Hai sobat Blanter, sekarang saatnya pengetahuan datang menjemput kalian, ayo banyak-banyak lah membaca pengetahuan agar masa depan kalian bisa berguna bagi masyarakat.... Trims

Pengetahuan yang satu ini saya dapat dari buku Ensiklopedia UMUM untuk PELAJAR

Meteor adalah kilatan cahaya yang melintas cepat di langit. Meteor sering kali disebut bintang jatuh karena tampak seperti bintang yang jatuh dari langit. Orang terkadang juga menyebut meteor yang paling cemerlang sebagai bola api. Meteor berasal dari meteoroid. Adapun meteor yang jatuh ke bumi disebut meteorit.
Meteor tampak pada ketinggian sekitar 65-120 km di atas bumi dan habis terbakar pada ketinggian sekitar 50-95 km. Akan tetapi, ada juga meteor yang sampai ke permukaan bumi, yang disebut meteorit.
Meteoroid adalah benda langit berukuran kecil dan bermaterikan logam atau batuan yang bertebaran di ruang angkasa. Meteor terjadi saat sebuah metoroid masuk ke atmosfer bumi. Gesekan dengan atmosfer memanaskan meteoroid tersebut sehingga menyala dan menimbulkan sebuah garis cahaya dari gas dan partikel meteoroid yang mencair. Gas ini juga mencakup materi meteoroid yang menguap dan gas-gas atmosfer yang memanas ketika meteoroid tersebut melintasi atmosfer. Setiap hari terjadi jutaan kali meteor di atmosfer bumi, kebanyakan meteor habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi.
Berdasarkan materinya, meteorit terbagi atas tiga macam, yakni besi, dan campuran batu-besi Meteorit besi terutama terdiri atas besi dan nikel. Adapun meteorit batu terdiri atas meneral yang kaya silikon dan oksigen, kandungan besi, megnesium, dan unsur lain. Sekelompok meteorit batu, yang disebut kondrit, berasal dari serpihan bahan yang sama dengan bahan bentukan planet. Kelompok meteorit batu lain, yang disebut akondrit. dulunya merupakan bagian dari sebuah asteroid yang cukup besar dan mencair atau terpisah-pisah menjadi objek yang kaya akan unsur besi dan batuan. Akondrit berasal dari lapisan luarnya, meteorit campuran besi-batu dari lapisan dalamnya, dan meteorit besi dari inti pusatnya yang berunsur logam. Ukuran meteorit sangat beragam, kebanyakan berukuran kecil. Meteorit terbesar yang pernah ditemukan berbobot sekitar 60 ton, yang jatuh di Hoba West, Namibia. Namun objek yang lebih besar, seperti asteroid dan komet, dapat juga terbentur ke bumi dan menjadi meteorit. Meteorit mencapai permukaan bumi karena ukurannya cukup besar ketika melintasi atmosfer bumi. Jika terlalu kecil, meteor tersebut akan habis terbakar di atmosfer. Jikat terlalu besar, maka meteor itu dapat meledak sebelum mencapai permukaan bumi.

Semoga Artikel yang satu ini bermanfaat ya.....

 Jangan Lupa Klik salah satu tombol share dibawah ini... 
Rhinokage Rio
Rhinokage Rio

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar blog, template, SEO dan Bisnis Online. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya.

Add Your Comments

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Out Of Topic