16 January 2014

Rahasia Cara Menghafal Dengan Cepat

Rahasia Cara Menghafal Dengan Cepat

Rahasia Cara Menghafal Dengan Cepat - ok sekarang saya akan memberikan tips cara menghafal dengan cepat, banyak orang ingin cepat menghafal, contonya seperti teks, puisi, bahasa inggris, dan masih banyak lagi, ok langsung aja ke artikel tips yang satu ini.

Menghafal, kedengarannya sih gampang banget ya, tetapi belum tentu juga lho. Ada juga orang-orang yang sangat sulit sekali dalam hal ingat mengingat, lebih tepatnya menghafal sesuatu. Akan tetapi, tenang saja, di dunia ini hampir tidak ada yang tidak mungkin. Bagi anda yang merasa dirinya kurang bisa menghafal dengan baik secara cepat, anda sangat tepat sekali jika sedang membaca informasi dari kami kali ini.

Cara cepat menghafal ternyata membutuhkan trik dan teknik tertentu agar dapat benar-benar efektif. Memang, dalam hidup ini, takdir setiap manusia berbeda-beda. Ada mungkin diantara anda yang sangat jago dalam bidang eksakta atau hitung menghitung, ada juga mungkin yang memang jago sekali dalam hal karang mengarang atau menulis ada juga yang memang "susah menghafal dan menginta sesuatu". Setiap kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Silahkan anda simak dan informasi seputar  cara cepat menghafal berikut ini:

Sebelumnya lebih baik anda memahami dahulu hal-hal yang ada kaitannya dengan otak. Mungkin bukanlah hal yang asing bagi anda bahwa otak / akal itu terbagi menjadi 2 bagian. Lebih tepatnya bagian kiri dan bagian kanan. Bagaimana proses penemuan teori pembagian otak ini? siapa yang menemukannya? Jawabannya adalah "Roger Wolcott Sperry". Iya, beliau lah yang telah berjasa menemukan bahwa otak atau akal manusia itu terbagi menjadi dua bagian. 


Teknik CARA CEPAT MENGHAFAL :


1. Mnemonic
Anda bingung apa itu mnemonic? pengertian mnemonic adalah teknik atau cara menghafal yang bersifat abstrak. Jadi teknik menghafal ini dengan cara mengubah kata abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan.

Sebentar, anda perlu mengetahui dahulu tipe-tipe sistem Mnemonic. Tipe sistem Mnemonic dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Sistem gambaran.
Sistem gambaran adalah teknik menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yang nyata. Untuk contohnya, silahkan lihat dibawah ini.

Contoh sistem gambaran :
Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.
Gembira dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.
Jakarta akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.

b. Sistem persamaan bunyi.
Sistem persamaan bunyi adalah teknik menghafal informasi yang berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya. Sebagai contohnya, silahkan anda lihat dibawah ini.

Contoh sistem persamaan bunyi :

Irak akan dapat lebih mudah kita ingat jika kita mengggantinya dan mencoba mengingatnya dengan kata rak

Singapura akan dapat lebih mudah kita ingat dengan cara mengingat kata singa

2. Memory Sport
Sebenarnya,otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot kita juga akan menjadi lebih kuat. Begitu juga dengan otak kita,  apabila kita rajin mengolahragakan otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan menjaapabila kita tidak di lebih kuat. Begitu juga sebaliknya, jika kita malas dan tidak pernah mencoba mengolahragakan otot / otak kita, sudah tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah. Jadi, sangat disarankan agar kita senantiasa mengolahragakan otak kita. 

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengolahragakan otak kita? Anda cerdas, iya perlu anda tahu, salah satu cara yang dapat kita coba untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport. Anda tentu tahu TTS (teka teki silang). Nah, manfaatkacara / alat olahraga otak kita. Usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin rajin, maka akan semakin bagus hasilnya. Inilah cara yang paling gampang dan murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan anda mengisi TTS tersebut, maka secara tidak langsung otak anda akan menjadi sangat terlatih untuk dapat mengolah kata-kata dan mengingat.


3. Story Sistem
Story system adalah teknik mengingat informasi yang menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah cerita. Sebagai contoh silahkan simak yang berikut ini.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah

Nah, bisa jadi ada diantara anda yang sangat kesulitan untuk menghafalkan kata-kata tersebut. Jadi untuk lebih memudahkan anda dalam menghafalkannya, anda bisa menggunakan cara menghafal story sistem ini, caranya adalah dengan membayangkannya. Lihat ini :

Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

Hmm, dengan cara membayangkan seperti itu, maka anda akan menjadi lebih mudah untuk menghafalkannya. Silahkan dicoba.

4. Relation Sistem
Relation sistem adalah salah satu teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara aksi. Relation sistem ini sangat sering digunakan untuk menghafal kan sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama sungai dan provinsinya, nama negara dan ibu kotanya, vocabulary dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.

Read More...  Semoga Bermanfaat.....

 Jangan Lupa Klik Salah Satu Tombol Share Dibawah Ini... 

Rhinokage Rio
Rhinokage Rio

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar blog, template, SEO dan Bisnis Online. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya.

Add Your Comments

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Out Of Topic