08 January 2014

Rahasia Ilmuwan Menentukan Usia Bumi

http://1.bp.blogspot.com/-NALmc48SzkA/UO_vKny5LII/AAAAAAAAAO4/ir80NH4uz-k/s1600/earth.jpg

Rahasia Ilmuwan Menentukan Usia Bumi - Pengetahuan lagi nih sobat Blanter setiap hari pasti ada pengetahuan yang di post di blog ini, ya supaya kalian makin pintar, kan saya sedang baca buku pengetahuan nih, jadi kalau ada pengetahuan yang bagus, tanpa ragu-ragu saya post di blog ini,, bacalah buku sebanyak-banyaknya agar kalian bisa menjadi pintar, itulah kata-kata dari Mas-Rio :D semoga ilmu pengetahuan yang satu ini bermanfaat....


Judul Asli : Bagaimana Para Ilmuwan Dapat Menentukan Usia Bumi?

Sejarah Bumi tertulis di batu-batunya. Di tempat-tempat seperti Grand Canyon, tembok-tembok yang dikikis air menyingkapkan lapisan demi lapisan batuan yang terbentuk selama jutaan tahun. Karena lapisan-lapisan batuan yang lebih tua berada di bawah lapisan baru, ahli geologi dapat memperkirakan bagaimana berkembangnya kerak Bumi.

Tetapi mengetahui lapisan yang lebih dalam itu lebih tua tidak memberitahu kita berapa usia batuan itu. Para ilmuwan tahun 1800an yang mencoba mencari tahu usia Bumi dengan mengamati berapa lama waktu yang dibutuhkan lapisan batu untuk terbentuk di jaman modern menerka-nerka usia Bumi. Teraakan terbaik mereka berkisar antara relatif muda 3 juta tahun sampai yang lebih purba 1.5 miliar tahun ( atau 500 kali lebih tua ). Jelas, dibutuhkan metode yang lebih baik.

Para ilmuwan akan senang sekali kalau bisa menemukan jam yang mati ketika Bumi terbentuk. Dengan membaca jam itu, mereka dapat membaca usia planet. Yah, ternyata memang ada jam-jam seperti itu di Bumi di batuan dan pepohonan dan di kedalaman samudera. Jam alamiah Bumi adalah unsur-unsur radioaktif unsur yang meluruh menjadi unsur-unsur lain seiring berlalunya waktu. Menentukan usia batuan atau fosil memakai unsur radioaktif disebut penanggalan radiometrik. Unsur-unsur radioaktif menjadi jam yang bagus, karena mereka meluruh menurut jadwal yang ketat. Misalkan uji karbon. Uji karbon didasarkan fakta bahwa organisme mengambil karbon-12 yang biasa dan karbon-14 yang radioaktif dari udara dan air. Uji ini menganggap bahwa rasio atau perbandingan satu jenis karbon dengan karbon lainnya tetap sama di udara dan air, jadi tumbuhan dan hewan menelan rasio yang sama dari kedua karbon itu selama ribuan tahun.

MAAF DI STOP SEMENTARA - JIKA PUNYA AKUN GOOGLE ATAU YAHOO
Follow Blog Ini Dulu - Klik :   FOLLOW  

Dilanjutkan Kembali setelah follow......

Sementara jumlah karbon-12 di dalam organisme tetap sama, karbon-14 meluruh. Separuhnya lenyap dalam 5.730 tahun. Jadi dengan mengukur jumlah relatif kedua karbon yang tersisa di organisme yang pernah hidup, ilmuwan memperoleh gagasan berapa umur apa yang tersisa itu. Namun, tidak ada metode penanggalan yang bebas kesalahan, jadi para ahli geologi mencari beberapa unsur radioaktif, seperti uranium dan thorium, selain karbon-14. Mereka sering mengecek ulang umur obyek dengan memakai dua uji bebeda pada materi yang sama. Dan kadang-kadang, dua uji itu menghasilkan umur yang sangat berbeda.
Sebagai contoh, ahli geologi mengambil sampel dari terumbu karang di lepas pantai pulai Barbados. Mereka mengukur karbon di karang, selain jumlah uranium dan thorium.
Bagi karang ''muda'' sampai sekitar 9.000 tahun kedua metode itu sepakat dalam soal umur. Tetapi semakin tua karang, semakin berbeda hasilnya. Uji uranium-thorium dapat menyatakan sepotong karang berumur 20.000 tahun, ( Wow ya sobat ) sementara uji karbon-14 bisa saja mengatakan baru 17.000 tahun.

Mengapa perbedaannya begitu besar? Dan uji mana yang benar. Para ilmuwan percaya, dalam kasus ini, uji uranium-thorium yang lebih akurat, karena uji karbon-14 telah memberi hasil-hasil yang aneh di masa lalu....

Read More.. At This Book : Einstein Aja Ingin Tahu!
Ayo Baca Buku Terus supaya ilmu pengetahuan bertambah setiap hari,, kunjungi terus blog ini supaya bisa melihat pengetahuan terbaru... By. WikiBlanter
Semoga Bermanfaat Ya....
Rhinokage Rio
Rhinokage Rio

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar blog, template, SEO dan Bisnis Online. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya.

Add Your Comments

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Out Of Topic